Rencana Strategis

DINAS PERHUBUNGAN
Periode 2013-2017

Visi
  • Terselenggaranya pelayanan Perhubungan yang handal, efektif dan efisien menuju masyarakat Cilacap sejahtera
Misi
  1. Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Perhubungan
  2. Menjamin penyelenggaraan pelayanan Perhubungan dalam rangka pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi
  3. Meningkatkan kualitas pengawasan menuju terselenggaranya pelayanan Bidang Perhubungan yang baik
  4. Mengembangkan pelayanan Bidang Perhubungan yang berkualitas dan berdaya saing serta menjangkau seluruh lapisan masyarakat
Kebijakan
  1. Mengupayakan intensifikisai maupun ekstensifikasi dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Perhubungan
  2. Meningkatkan dan mengembangkan sarana prasarana transportasi lokal dalam rangka mendukung pembangunan daerah dan sektor strategis bagi pengembangan ekonomi daerah
  3. Mengembangkan sistem transportasi secara terpadu antar dan intra moda transportasi dengan memperhatikan kesinambungan antara pengembangan daerah perkotaan dan pedesaan.
  4. Meningkatkan kualitas pengawasan menuju terselenggaranya pelayanan Bidang Perhubungan, yang baik dalam rangka ketertiban dan kelancaran pelayanan Bidang Perhubungan
  5. Menegakkan dan mengoptimalkan penerapan standar batas maksimum muatan dan berat kendaraan pengangkutan barang maupun orang
  6. Meningkatkan kerjasama dengan daerah lain terutama daerah perbatasan dalam rangka penyelenggaran jasa pelayanan transportasi yang terjangkau oleh lapisan masyarakat bawah
  7. Meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta untuk mewujudkan pengembangan sistem transportasi yang aman, nyaman, selamat dan dinamis

Rencana Strategis

No Tujuan Sasaran Strategis Indikator Kinerja Satuan Target Per Tahun
20132014201520162017
1 Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Perhubungan Meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Sektor Perhubungan Tercapainya Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang menjadi kewenangan Dishub Kab. Cilacap Rp 4.000.000.000 3.888.974.000 4.243.438.000 3.210.365.000 3.240.000.000
2 Menjamin kelancaran penyelenggaraan pelayanan Perhubungan dalam rangka pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Terjaminnya kelancaran penyelenggaraan pelayanan Bidang Perhubungan dalam rangka pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Kendaraan bermotor wajib uji dengan kendaraan yang melakukan uji kelaikan jalan % 75 75 80 85 85
3 Meningkatkan kualitas pengawasan menuju terselenggaranya pelayanan Bidang Perhubungan yang baik Meningkatnya kualitas pengawasan menuju terselenggaranya pelayanan Bidang Perhubungan yang baik angka pelanggaran/ kecelakaan lalu lintas kendaraan tidak laik jalan berkurang angka 0 0 0 0 0
4 Mengembangkan pelayanan Bidang Perhubungan yang berkualitas dan berdaya saing serta menjangkau seluruh lapisan masyarakat Berkembangnya pelayanan Bidang Perhubungan yang berkualitas dan berdaya saing serta menjangkau seluruh lapisan masyarakat presentase wilayah yang sudah mendapat akses transportasi umum (laut dan darat) % 50 51 52 53 54
5 Meningkatnya kinerja dan pelayanan bidang perhubungan Meningkatnya pelayanan dan kinerja bidang perhubungan Nilai Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) point 72 73 74 75 76
Prosentase temuan yang ditindaklanjuti % 100 100 100 100 100
Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) point 69 69 69,5 70 70,5