Rencana Strategis

DINAS SOSIAL
Periode 2013-2017

Visi
  • Terwujudnya Kesejahteraan Sosial Masyarakat Kabupaten Cilacap
Misi
  1. Meningkatkan pemberdayaan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)
  2. Meningkatkan penyelenggaraan pelayanan dan rehabilitasi sosial terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)
Kebijakan
  1. Meningkatnya kualitas pengetahuan dan ketrampilan aparatur serta pengoptimalan sarana dan prasarana penunjang pelayanan
  2. Meningkatkan pemberdayaan dan pengembangan terhadap PMKS melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE)
  3. Optimalisasi pelayanan, rehabilitasi sosial, dan pembinaan terhadap PMKS
  4. Optimalisasi pemberdayaan kelembagaan kesejahteraan sosial

Rencana Strategis

No Tujuan Sasaran Strategis Indikator Kinerja Satuan Target Per Tahun
20132014201520162017
1 Meningkatnya Pemberdayaan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Meningkatnya kualitas hidup keluarga miskin Persentase keluarga miskin yang meningkat pendapatannya % 1 1,2 1,4 1,6 1,8
2 Menurunkan angka kemiskinan melalui peningkatan kualitas pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi PMKS Terjadinya Perubahan perilaku dan kondisi psikologis anak terlantar dan eks trauma Persentase anak terlantar yang pulih kondisi psikologisnya % 35 35 40 45 50
Persentase eks trauma yang pulih kondisi psikologisnya dibagi total eks trauma % 15 15 15 15 15
Terjadinya perubahan perilaku dan kondisi psikologis penyandang penyakit sosial Persentase penyandang penyakit sosial (mantan NAPI, PSK, penyalahgunaan NAPZA dan penyakit sosial lainnya) yang mengalami perubahan perilaku % 15 15 15 15 15
Menurunnya Angka PMKS Angka PMKS % 1,5 1,5 2 2 2,2
Menurunnya Angka Kemiskinan Angka Kemiskinan % 0,1 0,12 0,13 0,13 0,12
Meningkatnya kemandirian hidup penyandang cacat Persentase Penyandang Cacat yang mampu hidup mandiri % 15 15 15 15 15
Meningkatnya pemenuhan hidup dasar anak terlantar Persentase Anak Terlantar, Anak Jalanan dan Anak Nakal yang terpenuhi kebutuhan dasarnya % 30 35 40 40 45
3 Meningkatkan peran serta masyarakat dalam penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Meningkatnya partisipasi Tenaga Kesejahteraan Soisal Kecamatan (TKSK) serta relawan sosial lainnya dalam penangana PMKS Persentase Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) serta relawan sosial lainnya yang aktif dalam penanganan PMKS % 100 100 100 100 100
4 Meningkatnya kinerja dan Pelayanan SKPD Meningkatnya Kualitas Kinerja dan Pelayanan SKPD Nilai AKIP Dinas Sosial point 57 57,5 57,8 57,9 58
Nilai SKM Dinas Sosial point 73,5 74 74,5 75 75,5